Penemu Komputer dan Sejarah Perkembangannya

Dunia yang semakin berkembang ini membuat teknologi dari masa ke masa juga mengalami perkembangan, salah satu perkembangan teknologi yang hingga saat ini manfaatnya dapat dirasakan oleh orang banyak adalah komputer. Sudah menjadi hal yang umum bagi setiap orang bahwa teknologi togel komputer memudahkan kita sebagai penggunanya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Terlebih lagi, saat ini hampir setiap pekerjaan akan berhubungan dengan komputer, baik itu komputer yang ada di rumah atau komputer yang ada di kantor. Mungkins saja kamu yang merasakan manfaat dari teknologi komputer ini.

Teknologi komputer ini bisa dalam perkembangannya sama dengan teknologi-teknologi lainnya. Perkembangan terhadap teknologi komputer membuat benda yang satu ini semakin lama semakin canggih dan semakin lama semakin memudahkan kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh sebab itu, tak bisa dibayangkan apabila saat ini komputer tidak ada, kemungkinan besar tugas atau pekerjaan yang kita miliki akan sulit untuk diselesaikan dengan tepat waktu.

Pengertian Komputer

Sebelum membahas tentang siapa saja para ilmuwan yang ikut andil dalam perkembangan yang telah digunakan oleh banyak orang saat ini, maka yang akan dibahas terlebih dahulu adalah pengertian dari komputer itu sendiri.

Kata komputer sebenarnya berasal dari bahasa Latin, yaitu computare yang berarti menghitung. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa secara sederhana komputer adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk menghitung.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahaan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Pada dasarnya, komputer merupakan sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen serta sudah memiliki pemrograman yang dapat mengolah data serta memberikan informasi kepada para penggunanya. Komputer yang dapat mengolah data dan memberikan informasi kepada penggunanya disebabkan karena setiap perangkat komputer saling bekerja sama atau saling terhubung dengan baik. Istilah komputer sebagai alat elektronik yang dapat digunakan mulai muncul sejak tahun 1800-an.

Penemu Komputer

1. Charles Babbage

Berdasarkan beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa Charles Babbage adalah seseorang yang pertama kali menemukan komputer, sehingga beliau diberi julukan sebagai “Bapak Komputer”. Charles Babbage sangat cinta terhadap ilmu pengetahuan matematika, sehingga ia melanjutkan pendidikannya di Cambridge University pada tahun 1810. Kemampuan matematika yang dimiliki oleh Charles Babbage bisa dibilang sudah cukup mahir, bahkan kemampuannya mampu melebihi pengajarnya.

2. Alan Turing

Setelah Charles Babbage, perkembangan mesin komputer terus berlanjut dan dilanjutkan oleh seorang peneliti matematika sekaligus peneliti komputer yang bernama Alan Mathison Turing atau dalam tokoh perkembangan komputer dikenal dengan nama Alan Turing. Beliau lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di London, Inggris. Berdasarkan catatan sejarah tentang pengembang mesin komputer, Alan Turing merupakan seorang peneliti komputer modern digital pertama. Alan Turing beranggapan bahwa mesin komputer bisa digunakan untuk berbagai macam tugas dan komputer bisa menjalankan berbagai macam program.

3. Konrad Zuse

Setelah Alan Turing, tokoh penemu yang turut andil dalam perkembangan komputer selanjutnya adalah Konrad Zuse. Beliau merupakan seseorang yang ikut andil dalam perkembangan komputer dengan latar belakang teknik sipil. Konrad Zuse lahir pada tanggal 22 Juni 1910 dan merupakan seseorang berkebangsaan Jerman. Kemampuan dalam bidang teknik sipil membuat Konrad Zuse pernah terdaftar di Technische Hochschule Berlin-Charlottenburg dan ia mengambil jurusan teknik dan arsitektur.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *